Monday, January 31, 2011

Memindahkan Contact iPhone ke Gmail

iPhone 4 showing the home screen.Image via WikipediaCara yang paling mudah adalah dengan menggunakan itunes. Ketika iPhone sudah connect ke iTunes melalui kabel data, klik "iPhone" pada kolom kiri, di bagian "DEVICES". Setelah itu layar akan menampilkan isi iPhone anda. Klik tab "INFO" yang terletak di atas, kedua dari kiri. Maka akan keluar pilihan "Sync Contacts with" pilihlah "Windows Contacts", kemudian klik tombol "Apply" di kanan bawah.

Setelah proses selesai, klik tombol "Windows+R" untuk membuka menu Run, ketik "wab" dan tekan tombol "OK". Anda akan melihat seluruh daftar kontak anda di dalam window tersebut. Pada bagian atas window (di antara tulisan "Share with" dan tombol untuk mengatur ukuran thumbnail), anda akan melihat tombol dengan icon dua panah kecil yang berhimpitan.

Tekan tombol tersebut untuk memunculkan beberapa pilihan pada drop down menu. Klik pilihan Export, dan pilih "CSV (Comma Separated Values)", kemudian klik tombol "Export" di kanan bawah. Browse dan pilih dimana file CSV akan diletakkan. Setelah itu klik tombol "Next". Anda dapat memilih info apa saja dari seluruh kontak anda yang akan di export, kemudian klik "Finish".

Image representing Gmail as depicted in CrunchBaseImage via CrunchBaseFile info contact akan diletakkan di folder yang anda pilih. Buka Gmail anda, kemudian masuk ke dalam "Contacts". Di bagian atas ada tombol "More actions" yang akan memunculkan menu. Pilihlah "Import", kemudian buka file CSV yang telah anda buat sebelumnya. Selesai! Seluruh kontak yang ada di dalam iPhone akan masuk ke dalam kontak di Gmail anda.


Enhanced by Zemanta

No comments: